Kamis, 27 Agustus 2020

PPL SECARA DARING DI TAHUN PANDEMI COVID 19

0 komentar

Assalamualaikum Wr.Wb
Jumpa lagi dalam postingan kali ini, pada kesempatan kali ini saya akan cerita sedikit tentang PPL mahasiswa yang dilakukan secara daring (dalam jaringan) atau kata lain lewat jalur online.

Pada tahun ajaran 2020/2021 pihak ULM dalam hal ini Universitas Lambung Mangkurat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unit Micro Teaching dan Program Pengalaman Lapangan (UMTPPL) mengadakan Program Pengalaman Lapangan (PPL) secara daring (dalam jaringan atau Online), program ini di gagas oleh UMTPPL dikarenakan dimasa ini tidak mungkin mengadakan PPL secara full di sekolah tempat magang, oleh karena itu di lakukanlah secara daring.

Pada awalnya kegiatan ini akan dilaksanakan mulai tanggal 17 Agustus 2020 sampai dengan 17 Oktober 2020 itu rencana awal yang akan dilaksanakan dengan beberapa sekolah mitra dalam jumpa koordinasi dengan sekolah mitra melalu zoom.

Setelah beberapa minggu kemudian setelah pihak UMTPPL mengadakan koordinasi lagi secara mendalam akhirnya terbitlah surat edaran Perihal Pelaksanaan PPL tertanggal 25 Agustus 2020 dengan nomor surat  022/UN8.1.2.7.3/LL/2020 yang isinya antara lain: (1). Pelakasanaan PPL akan dimulai 3 September 2020 dan berakhir tanggal 31 Oktober 2020, (2). Adanya Dosen Koordinator (observer) PPL di setiap sekolah hingga berakhir kegiatan PPL.

Untuk Persiapan PPL yang akan magang di sekolah kami, kami sudah mencoaba untuk berkoordinasi langsung antara pihak sekolah kami dengan para peserta PPL secara daring memlalui Zoom. Pertemuan ini hanya sebatas perkenalan sekolah kami, seperti perkenalan dengan Kepsek, dengan Koordinator PPL di sekolah magang, dengan guru pamong di sekolah magang dan steakholder lainnya yang termasuk dalam kegiatan PPL nantinya.

Pertemuan berjalan dengan baik dan lancar dan alhamdulillah semua peserta yang ikut dapat saling memahami apa yang nantinya akan menjadi kegiatan yang akan dilaksanakan dalam PPL daring di sekolah magang.

Memang keiatan PPL daring seperti ini baru pertama dan sekali ini terjadi, dikarenakan kondisi yang dialami maka menuntut semua steakholder untuk mecari pemecahan permasalahan ini.Semoga kegiatan PPL daring kali ni dapat berjalan baik dan lancar dan sesuai dengan apa yang di inginkan kedua belah pihak baik pihak universitas Lambung Mangkurat dalam hal ini UMTPPL dan pihak sekolah mitra yang di ajak bekerjasama. aamiin..

Demikian sekelumit cerita yang disampaiakn mengenai PPL daring yang baru kali pertama ini dilksanakan di tahun pandemi Covid 19 ini. Di bawah ini sekelumit video saat sekolah mitra mengadakan pertemuan virtual dengan calon mahasiswa PPL melalu zoom meeting.
Wassalamualaikum Wr.Wb. 


 




0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

FANS BOX